Market Share Yamaha Tembus No.1?

nomor1Ada berita heboh di awal 2009. Yamaha menjadi leader penjualan sepeda motor di Indonesia. Iklannya menyolok mata dan dimuat di harian berpengaruh serta tabloid sepeda motor yang beken. Pertanyaannya, benarkah itu?

Yamaha sejak 2007 sering dipuja-puji berbagai kalangan karena mampu melibas dominasi Honda. Tahun itu juga dipandang masyarakat sebagai tahunnya Yamaha, walau sejatinya Honda masih pegang market share. Diibaratkan, Honda kesalip beberapa lap.

Pada tahun 2008 kembali Yamaha unggul tapi cuma di bulan Desember saja. Selebihnya tetap diasapi oleh Honda. Just one month babe, One month! Tapi Yamaha pakai jurus iklan. Dipasang gede-gede di harian nasional dengan harapan mengail opini bahwa Yamaha numero uno. Nyaris berhasil kalau saja tidak ada informasi dari AISI mengenai volume penjualan sesungguhnya. Beruntung bagi yang masih waras informasi seperti itu cuma dianggap angin lalu. Buat yang gak waras langsung jadi bahan gosip warung kopi dan ditulis mentah-mentah di blog.

Sekarang supaya pemberitaan lebih informatif dan terbuka, berikut ini disampaikan beberapa kutipan berita sebagai bahan referensi anda. 

Namun meski dilibas Yamaha pada bulan Desember, pabrikan Honda secara keseluruhan mencapai penjualan terbanyak di 2008 sebanyak 2.874.576 unit motor. Bahkan Honda diganjar penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemimpin pasar sepeda motor selama 30 Tahun dengan penjualan terbanyak 23.053.133 unit serta penjualan (wholesales) sepeda motor terbanyak “ (detik.com, 20 Januari 2009)

Dari angka tersebut, penjualan motor Honda mengalami kenaikan 35% menjadi 2,874 juta unit di 2008 dibanding tahun lalu. Pada 2007, Honda hanya mampu membukukan penjualan sekitar 2,14 juta unit. “Dengan prestasi ini, market share kami secara nasional juga meningkat dari 44 % menjadi 46,2 %,” kata Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman, Kamis 15/1 di Jakarta.

Secara umum, Honda memang menjadi market leader untuk penjualan motor secara nasional. Posisi kedua ditempati oleh Yamaha dengan penjualan 2,465 juta unit dengan menggenggam 39,7 % pangsa pasar. Posisi ketiga ditempati oleh Suzuki dengan penjualan 793.753 unit dengan mengempit 12,8 %. Sisanya, diperebutkan merek lain seperti Kawasaki dan beberapa merek China dengan total penjualan 82.744.” (Kontan, 15 Januari 2009)

Meski begitu penjualan Yamaha secara keseluruhan masih tetap kalah dari Honda. Pada tahun 2008 yang total seluruh penjualan sepeda motor mencapai angka lebih dari 6,2 juta unit ini.

Keduanya hanya terpaut 400 ribuan unit. Honda tembus 2.874.576 unit sedang Yamaha 2.465.546 unit. Dengan hasil akhir yang tak terlampau jauh akankah Yamaha mampu mengalahkan Honda di tahun 2009? “ (otomotifnet.com, 20 Januari 2009)

Sebagai penguat argumentasi juga disertakan data AISI yaitu mengenai komposisi market share penjualan motor tahun 2008.

VOLUME PEN JUALAN 2008

Honda

2.874.576

46.3 %

Yamaha

2.465.546

39.7 %

Suzuki

793.742

12.8 %

Merk Lain

81.966

1.2 %

Jelas ‘kan? Siapa sesungguhnya pemegang tampuk juara penjualan. Fakta ini diungkapkan agar masyarakat mendapatkan informasi seimbang. Semoga saja fakta yang kami beberkan benar-benar menjadi sumber yang dapat dijadikan rujukan. 

Kalau tahun 2007 Yamaha menuai pujian giliran 2008 Honda menuai banyak penghargaan. Simak saja mulai IBBA (Indonesia Best Brand Award) 2008 untuk kategori “sport motorcycle” dan “non-matic motorcycle”. Kemudian ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award) 2008 untuk kategori sport motorcycle. Kedua award tersebut diselenggarakan oleh Majalah SWA.Yang paling heboh ketika digelar MotorPlus Award, Honda menyabet 19 penghargaan. Maka kalau dihitung-hitung penghargaan yang diraih Honda lebih banyak ketimbang kompetitornya ini.

Yamaha bakal unggul di tahun 2009? Belum tentu. Kalau berbekal selisih angka penjualan tahun 2008 gak bakal cukup. Lihat saja, semua kompetitor Yamaha khususnya Honda sudah ambil ancang-ancang. Arsenal (gudang peluru) Honda dan lainnya sudah dipenuhi amunisi-amunisi baru. Yamaha wajib takut pasalnya sekarang Honda tidak gemar ganti baju lagi. Hampir semua produknya di tahun 2008 bukan facelift kebalikan dengan Yamaha. So, mari kita lihat pertempuran berikutnya.  (ifb)

Iklan

3 thoughts on “Market Share Yamaha Tembus No.1?

  1. Memang Honda masih unggul, tetapi kualitasnya masih gitu2 aja, yah sudah mulai mau mendengarkan konsumennya sih. Awalan yang bagus, moga2 ada gebrakan baru lagi di tahun 2009 ini (dari Honda). Yang untung kan kita2 juga

  2. Memang segala sesuatu ada masanya. Honda memang bagus untuk kenyamanan dan featurenya lebih banyak, pangsa pasarnya : orang tua atau anak muda yang lebih suka kenyamanan

    Yamaha, pangsa pasarnya lebih ke anak muda yang suka kebut-kebutan, misal : bebek yg larinya kuenceng kayak Jupiter MX diproduksi oleh yamaha, gigi 3 aja bisa sampe 105 km/h

    Masing-masing punya kelebihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s